Bukan Sekedar Kopi – Prinsip-prinsip Dibalik Sukses Starbuck

Buku ini, tanpa bertele-tele dan sangat sistematis, berbagi pengalamannya tentang 10 prinsip kepemimpinan berdasarkan pengalamannya di Starbucks. Buku ini sangat menarik

Pertama, karena diangkat langsung dari pengalaman nyata menjalankan perusahaan.

Kedua, karena buku ini ditulis dengan gaya bahasa dari hati ke hati. Seperti diungkapkan oleh Howard Schultz dalam kata pengantar, Howard Behar adalah seorang pemimpin yang menjalankan organisasi berdasarkan hati nurani.

Beberapa catatan menarik, dan pelajaran yang bisa diambil dari buku ini adalah sebagai berikut. Pertama, dalam buku ini Behar membagi pengalamannya yang sangat berharga dalam mengelola karyawan, yang diperlakukan bukan hanya sebagai aset perusahaan, tapi sebagai manusia. Menurut Behar, aset itu bersifat tetap sementara manusia selalu berubah dan berkembang manusia mempunyai perasaan,sehingga harus dihargai dan didengar.

Kedua, Behar adalah seorang motivator dan jeli melihat potensi seseorang. Howard menekankan bahwa bekerja bukanlah untuk mengejar CV dan dia bukanlah pemimpin yang melihat seseorang berdasarkan CV-nya yang mengagumkan. Melainkan, seseorang harus dilihat dari “passion” dan impian pribadinya yang harus sesuai dan sejalan dengan visi perusahaan.

Ketiga, tak sekedar “memamerkan” berbagi kisah sukses Starbucks, Berar juga mengungkapkan cerita-cerita “rahasia”, misalnya tentang pasang-surut hubungannya dengan Howard Schultz. Tak ketinggalan, ia juga mengungkapkan saat-saat yang harus dihadapinya ketika mengambil keputusan sulit, yang tidak sesuai dengan hati nuraninya. Dan juga yang terpenting, bagaimana Starbucks diuji untuk tetap mempertahankan visinya memberikan gaji yang lebih tinggi di atas rata-rata walaupun itu akan menggerus keuntungan perusahaan.

Ini adalah sebuah buku yang sangat pas karena apa yang dituliskan bukan sekedar teori. Ini bukan sekedar konsep dan strategi untuk menempatkan manusia di atas variabel lainnya dalam bisnis. Namun, apa yang telah mereka yakini ternyata memang menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa seperti apa yang kita saksikan saat ini. Sebuah visi yang kuat, dengan eksekusi penuh kedisiplinan, menjadikan Starbucks bukan sekedar kedai kopi biasa, melainkan perpaduan antara kopi berkualitas dan pelayanan yang terbaik.

Bukan Sekedar Kopi – Prinsip-prinsip di Balik Sukses Starbucks / Howard Behar, Gramedia Pustaka Utama – Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s